Pengertian dasar PHP dan MySQL

PHP and MySQL merupakan kolaborasi antara Bahasa pemrograman dan layanan info principle populer saat ini. Jumlah situs principle menggunakan PHP mencapai seventy eight. 79% (The internet Technology Surveys, 2019). 

PHP adalah Bahasa pemrograman script server-side principle didesain untuk pengembangan internet. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai Bahasa Indonesia pemrograman umum principle digunakan pada web site seperti Wikipedia, WordPress, Facebook dan lain-lain. Penggunaan PHP banyak dipadukan dengan MySQL. MySQL adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis knowledge SQL (DBMS) principle multithread, dan multi-user.

 

PHP


MySQL ditetapkan sebagai RDBMS terpopuler kedua per Juli 2019 setelah Oracle (DB-Engines, 2019). Keduanya dapat digunakan secara gratis, dirilis dengan lisensi open supply, dan memiliki komunitas pengguna principle besar. Kelebihan-kelebihan tersebut menjadikan PHP dan MySQL sebagai salaat satu pilihan teknologi principle digunakan untuk membuat web site. Developer harus memiliki kompetensi principle memadahi untuk dapat memanfaatkan PHP dan MySQL. Untuk PHP diperlukan pemahaman sintaks, variabel, tipe data, metode pembuatan type, struktur kontrol, konsep cookies, konsep session, metode pembuatan fungsi, metode pengelolaan file, dan manajemen direktori. Untuk MySQL, developer harus memahami dasar-dasar Structure command language (SQL). SQL merupakan Bahasa Indonesia standar untuk menyimpan, mengubah, dan mengambil knowledge pada info.


Training PHP and MySQL elementary Akan membahas konsep dan praktik PHP dan MySQL. Pembahasan materi PHP mencakup dasar-dasar PHP, variabel, formulir, tipe data, struktur kontrol, array, dan best follow pembuatan internet application. Pembahasan materi MySQL mencakup dasar MySQL hingga pengoperasiannya menggunakan perintah SQL
 

PHP adalah 

Kepanjangan Dari "PHP Artinya: machine-readable text Prepocessor", yaitu Bahasa Indonesia pemrograman principle digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs internet dan bisa digunakan bersamaan dengan hypertext mark-up language. PHP diciptakan oleh Rasmus Lerdorf pertama kali tahun 1994. Pada awalnya PHP adalah singkatan Dari "Personal Home Page Tools". Selanjutnya diganti menjadi FI ("Forms Interpreter"). Sejak versi three.0, nama Bahasa Indonesia ini diubah menjadi "PHP: machine-readable text Prepocessor" dengan singkatannya "PHP". PHP versi terbaru adalah versi ke-5.


Pada bulan Juni 1996, dirilis PHP/FI a pair of.0. Pada rilis ini interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi principle meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Avestan menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP three.0.


Pada pertengahan tahun 1999, Avestan merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP four.0. PHP 4.0 adalah versi PHP principle picket fence banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi internet kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas principle tinggi.

Pada Juni 2004, Avestan merilis PHP five.0. Dalam versi ini, Peruvian monetary unit Dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan Bahasa Indonesia pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

PHP juga banyak diaplikasikan untuk pembuatan program-program seperti sistem informasi  klinik, rumah sakit, akademik, keuangan, manajemen aset, manajemen bengkel dan lain-lain. Dapat dikatakan bahwa program aplikasi principle dulunya hanya dapat dikerjakan untuk desktop aplikasi, PHP sudah dapat mengerjakannya.

Penerapan PHP saat ini juga banyak ditemukan pada proyek-proyek pemerintah seperti e-budgetting, e-procurement, e-goverment dan e e lainnya. web site Ubaya ini juga dibuat menggunakan PHP.

PHP juga dapat dilihat sebagai pilihan lain Dari ASP.NET/C#/VB.NET Microsoft, ColdFusion Macromedia, JSP/Java Sun Microsystems, dan CGI/Perl. Contoh aplikasi lain principle lebih kompleks berupa CMS principle dibangun menggunakan PHP adalah Wordpress, Mambo, Joomla, Postnuke, Xaraya, dan lain-lain.

Sisi lain Dari PHP


Menurut penulis principle sejak lama terlibat dalam pembuatan program dengan PHP ini adalah :
 

Bahasa Indonesia pemrograman PHP adalah sebuah Bahasa Indonesia script principle tidak perlu untuk dikompilasi (compile)

Mudah diinstall ke dalam internet server principle mendukung PHP seperti apache dengan konfigurasi principle mudah.

Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena banyaknya milis-milis ataupun tutorial principle membahas tentang PHP.

PHP dapat dijalankan diberbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, Macintosh.


Penulisan PHP


Dalam beberapa referensi penulis sering menemukan aturan penulisan tag pembuka , penulis lebih menyarankan kepada mereka untuk menuliskan tag pembuka secara lengkap yaitu tag pembuka . Karena apabila short_open_tag pada php.ini bernilai Off maka Akan banyak error principle Akan Anda temukan pada web site Anda nantinya.

Contoh:


<?


   echo “Halo Dunia”;


?>



PHP dapat dijalankan melalui file hypertext mark-up language principle kemudian dipanggil melalui applications programme seperti Mozilla Firefox, Netscape, atau web somebody. Program dalam PHP ditulis dengan diberi ekstensi ".php".

arti === php

Identik ( === ) : Jika nilai $x sama dengan nilai $y, dan memiliki jenis atau nilai yang sama, maka hasilnya Benar.


Pengertian MySQL


MySQL adalah sebuah management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured question Language) principle cukup terkenal

MySQL adalah software system principle open supply dengan dua bentuk lisensi, yaitu Free code (perangkat lunak bebas) dan software package (perangkat lunak berpemilik principle penggunaannya terbatas). Jadi MySQL adenosine deaminaselah info server principle gratis dengan lisensi antelope General Public License (GPL) sehingga dapat Anda pakai untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar lisensi principle ada.

Seperti principle sudah disinggung di atas, MySQL masuk ke dalam jenis RDBMS (Relational management System). Maka Dari itu, istilah semacam baris, kolom, tabel, dipakai pada MySQL. Contohnya di dalam MySQL sebuah info terdapat satu atau beberapa tabel.

SQL sendiri merupakan suatu Bahasa Indonesia principle dipakai di dalam pengambilan knowledge pada {relational info|electronic database|on-line database|computer database|electronic information service} atau database principle terstruktur. Jadi MySQL adalah management system principle menggunakan Bahasa Indonesia SQL sebagai Bahasa Indonesia penghubung antara perangkat lunak aplikasi dengan info server.

MySQL


Sejarah MySQL


MySQL adalah pengembangan lanjutan Dari proyek UNIREG principle dikerjakan oleh Michael Monty Widenius dan TcX (perusahaan perangkat lunak asal Swedia).

Sayangnya, UNIREG belum terlalu kompatibel dengan info dinamis principle dipakai di web site. TcX kemudian mencari alternatif lain dan menemukan perangkat lunak principle dikembangkan oleh David Hughes, yaitu miniSQL atau mSQL. Namun, ditemukan masalah lagi karena mSQL tidak mendukung categorisation sehingga belum sesuai dengan kebutuhan TcX.

Pada akhirnya muncul kerjasama antara pengembang UNIREG (Michael Monty Widenius), mSQL (David Hughes), dan TcX. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan sistem info principle baru, dan pada 1995 dirilislah MySQL seperti principle dikenal saat ini. Saat ini pengembangan MySQL berada di bawah Oracle.
Kelebihan dan Kekurangan MySQL

Setelah mempelajari pengertian MySQL dan sejarahnya, adenosine deaminase baiknya jika Anda juga mengetahui kelebihan dan kekurangannya juga.

Meskipun menjadi info principle cukup populer, MySQL tentu mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan info server lainnya. salaat satu kekurangan MySQL adalah performanya turun di saat beberapa info manajemen sistem mampu bekerja baik pada pengelolaan info principle besar.

Adapun kelebihan dan kekurangan MySQL lain, di antaranya:
Kelebihan MySQL

MySQL mempunyai beberapa kelebihan principle bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan perangkat lunak principle andal seperti:

 

Mendukung Integrasi Dengan Bahasa Indonesia Pemrograman Lain.


Website atau perangkat lunak terkadang dikembangkan dengan menggunakan berbagai macam Bahasa Indonesia pemrograman, jadi Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan MySQL. Maka Dari itu, MySQL bisa membantu Anda untuk mengembangkan perangkat lunak principle lebih efektif dan tentu saja lebih mudah dengan integrasi antara Bahasa Indonesia pemrograman.

 

Tidak Membutuhkan RAM Besar.

MySQL dapat dipasang pada server dengan spesifikasi  kecil. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda hanya mempunyai server dengan kapasitas one GB karena Anda masih bisa menggunakan MySQL sebagai info Anda.

 

Mendukung Multi User.

MySQL dapat dipakai oleh beberapa user dalam waktu  bersamaan tanpa membuatnya crash atau berhenti bekerja. Ini dapat Anda manfaatkan ketika mengerjakan proyek principle sifatnya tim  sehingga seluruh tim dapat bekerja dalam waktu bersamaan tanpa harus menunggu user lain selesai.

 

Bersifat Open supply

MySQL adalah sistem manajemen info gratis. Meskipun gratis, bukan berarti info ini mempunyai kinerja buruk. Apalagi lisensi gratis principle dipakai adalah GPL di bawah pengelolaan Oracle sehingga kualitasnya termasuk baik. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir jika terjadi masalah karena banyak komunitas dan dokumentasi principle membahas soal MySQL.

 

Struktur Tabel principle Fleksibel.

MySQL mempunyai struktur tabel principle mudah dipakai dan fleksibel. Contohnya saat MySQL memproses ALTER TABLE dan lain sebagainya. Jika dibandingkan dengan info lain seperti Oracle dan PostgreSQL, MySQL tergolong lebih mudah.

 

Tipe knowledge principle Bervariasi.

Kelebihan lain Dari MySQL adalah mendukung berbagai macam knowledge principle bisa Anda gunakan di MySQL. Contohnya float, integer, date, char, text, timestamp, double, dan lain sebagainya. Jadi manajemen info sistem ini sangat membantu Anda untuk mengembangkan perangkat lunak principle berguna untuk pengelolaan info di server.

 

Keamanan principle Terjamin.

Open supply bukan berarti MySQL menyediakan keamanan principle buruk. Malah sebaliknya, MySQL mempunyai fitur keamanan principle cukup apik. adenosine deaminase beberapa lapisan keamanan principle diterapkan oleh MySQL, seperti level nama host, dan subnetmask. Selain itu MySQL juga dapat mengatur hak akses user dengan enkripsi word tingkat tinggi.
Kekurangan MySQL

Sayangnya, meskipun memiliki segudang kelebihan, masih adenosine deaminase beberapa kelemahan principle dimiliki oleh MySQL sehingga Anda perlu mempertimbangkannya juga sebelum memakainya.

  1. Kurang Cocok untuk Aplikasi Game dan Mobile

    Anda principle ingin mengembangkan aplikasi game atau perangkat mobile adenosine deaminase baiknya jika mempertimbangkan lagi jika ingin menggunakan MySQL. Kebanyakan pengembang game maupun aplikasi mobile tidak menggunakannya karena memang info manajemen sistem ini masih kurang bagus dipakai untuk sistem aplikasi tersebut.
  2. Sulit Mengelola info principle Besar

    Jika Anda ingin mengembangkan aplikasi atau sistem di perusahaan dengan info principle cukup besar, adenosine deaminase baiknya jika menggunakan info manajemen sistem selain MySQL. MySQL dikembangkan supaya ramah dengan perangkat principle mempunyai spesifikasi rendah, itulah mengapa MySQL tidak memiliki fitur principle lengkap seperti aplikasi lainnya
  3. Technical Support principle Kurang Bagus

    Sifatnya principle open supply terkadang membuat aplikasi tidak menyediakan technical support principle memadai. Technical support MySQL diklaim kurang bagus. Hal ini membuat pengguna kesulitan. Apalagi jika pengguna mengalami masalah principle berhubungan dengan pengoperasian perangkat lunak tersebut dan membutuhkan bantuan technical support. 

Kodingan

Coding sesungguhnya sanggup dibilang sebagai makna simpel berasal dari komputer programming. Ini adalah kesibukan dimana Anda memberitahu komputer apa yang harus mereka kerjakan untuk Anda. Sebuah kode sanggup dianggap sebagai sebuah kata-kata di dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode itu dapat menunjang komputer paham dan paham apa yang menginginkan Anda jalankan di komputer. Komputer dapat terima instruksi ini dan mereka dapat mengikuti apa yang tertulis. Jadi sebuah kumpulan instruksi kode sanggup sebabkan sebuah program yang sesuai dengan kemauan penulis.  

 


LihatTutupKomentar